Mau Cicil Mobil Bunga 0%? Perhatikan Dulu Beberapa Hal ini

 

 

 

 

 

 

Memiliki mobil mungkin menjadi impian bagi sebagian masyarakat. Bukan hanya memiliki mobil dapat menunjukan bahwa kita mampu secara finansial, melainkan juga menunjang mobilitas kita di kehidupan sehari-hari. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki kendaraan pribadi akan lebih mempermudah setiap orang untuk bepergian, apalagi jika ingin pergi bersama keluarga. Menggunakan mobil yang dapat diisi setidaknya 4 orang sekaligus tentunya akan jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan transportasi umum.

Hanya saja, biaya mobil yang cenderung mahal terkadang membuat orang untuk ragu membeli karena terkendala kondisi finansial yang belum memadai. Bahkan untuk DP (down payment) nya itu sendiri pun seseorang setidaknya perlu mengumpulkan puluhan juta agar cicilannya tidak terlalu besar. Nah, bagi kamu yang bermimpi untuk memiliki mobil tetapi ragu karena kondisi finansial yang belum stabil, sudah tidak perlu khawatir lagi, karena bertepatan pada awal tahun 2019 ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kado spesial tahun baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah yaitu berupa uang muka kredit motor dan mobil sebesar 0% melalui peraturan OJK nomor 35/POJK.05/2018 mengenai Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayan.

Namun, tentu saja dibalik dibalik penawaran yang menggiurkan tersebut, pasti terdapat risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan. Nah, bila kamu berencana untuk membeli mobil dengan cicilan bunga 0%, yuk disimak hal-hal berikut ini. Siapa tahu bisa jadi bahan pertimbangan mu.

Risiko

1. Cicilan yang semakin besar

Membeli mobil dengan cicilan bunga 0% dapat menandakan bahwa cicilan yang akan menjadi tanggung jawab mu untuk mobil tersebut akan semakin besar, karena tanpa adanya uang muka. Pada dasarnya, fungsi dari DP yaitu untuk meringankan cicilan mu di masa depan. Mungkin saja yang seharusnya kamu membawa 4 juta per bulannya untuk sebuah mobil, bisa jadi kamu hanya perlu membawa 2 juta per bulan, jika menyerahkan DP. Nah, kalau tidak ada DP, tentu tanggungan mu akan semakin besar untuk cicilan setiap bulannya.

2.  Memicu timbulnya kemacetan kredit

Ini berhubungan dengan poin pertama mengenai cicilan yang semakin besar. Cicilan yang semakin tinggi juga akan berpengaruh kepada potensi jumlah kredit mu yang macet. Apalagi jika kamu membeli mobil tersebut hanya untuk konsumtif belaka, dijamin cicilan semakin terasa besar yang tentunya akan segera menghabiskan gaji mu. Namun, hal tersebut jelas berbeda bila kamu membeli mobil memang diperuntukan untuk menjadi driver transportasi online. Terkadang, banyak orang yang hanya membeli karena melihat DP 0% tanpa melihat kemampuan finansial nya. Jadi, hati-hati ya.

3. Menambah kemacetan 

Seperti yang sudah diketahui bahwa salah satu penyebab macetnya suatu daerah ialah dikarenakan jumlah kendaraan yang overloaded. Nah, pastinya dengan adanya DP 0% untuk kendaraan bermotor, maka akan berpeluang semakin banyaknya masyarakat yang membeli kendaraan sehingga jalanan akan terasa semakin macet. Hal inipun juga akan berpengaruh kepada penggunaan transportasi umum, khususnya di ibu kota. Padahal, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menghimbau masyarakat untuk menaiki transportasi umum seiring dengan dibangunnya transportasi massal terintegrasi seperti LRT, MRT, dan Busway.

Setelah melihat risiko-risiko tersebut, bagaimana pendapat kamu? Apa tetap tertarik untuk membeli mobil dengan DP 0% ini? Jika kamu merasa memiliki kondisi finansial yang stabil dan sangat membutuhkan mobil untuk bermobilitas, maka mungkin ini akan menjadi penawaran yang menarik. Tetapi, selain membeli mobil, jangan pula lupa untuk melengkapinya dengan asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan akan sangat dibutuhkan bila suatu hal diluar prediksi terjadi dengan mobil mu, seperti keserempet kendaraan lain dan meninggalkan bekas, menabrak sesuatu, dan sebagainya.

Bila kamu ingin memiliki asuransi kendaraan, ajukan saja di CekAja.com. Melalui CekAja.com, kamu bisa mengajukan asuransi dengan proses yang sangat cepat dan praktis. Kamu bisa segera menggunakan mobil baru tanpa khawatir akan terjadi sesuatu karena telah memiliki asuransi kendaraan. Yuk ajukan asuransi kendaraan mu di CekAja.com.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/       

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *